PENGERTIAN HUBUNGAN MASYARAKAT (
HUMAS )
v Hubungan
masyarakat atau Public Relations adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan,
direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara
sebuah lembaga/institusi dengan masyarakat.
v Humas (PR) adalah sebuah seni sekaligus ilmu
sosial dalam menganalisa kecenderungan, meramalkan konsekuensinya, memberikan
pengarahan kepada pimpinan institusi/lembaga dan melaksanakan program-program
terencana yang dapat memenuhi kepentingan baik institusi maupun lembaga
tersebut maupun masyarakat yang terkait.
v
Edward
L. Bernays
Humas
memiliki tiga pengertian:
1.Memberi
penerangan kepada masyarakat.
2.Pembujukan
langsung terhadap masyarakat guna mengubah sikap dan tindakan.
3.Usaha-usaha
mengintegrasikan sikap dan tindakan dari permasalahan dengan masyarakat dan
dari masyarakat terhadap permasalahannya.
v
Scott
M. Cutlip dan Allen H. Center
Humas merupakan fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan
suatu program kegiatan untuk memperoleh pengertian,
pemahaman, dan dukungan dari publiknya.
v
The Public Relations Society of America
Humas membantu suatu organisasi dan publiknya untuk saling
beradaptasi secara menguntungkan. Humas adalah usaha organisasi untuk
memperoleh kerjasama dari sekelompok orang. Humas membantu organisasi
berinteraksi secara efektif dan berkomunikasi dengan publik
utama.
v
J.C.Seidel
Humas adalah proses yang berkelanjutan dari usaha-usaha
manajemen untuk memperoleh itikad baik dan pengertian dari
langganannya, pegawai, dan publik umumnya; ke dalam dengan mengadakan analisis dan perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan
mengadakan pernyataan-pernyataan. (Public Relations is the continuing
process by which management endeavors to obtain goodwill and understanding of
its customers, its employers, and the public at large; inwardly through self
analysis and corrections, inwardly through all means of expressions).
v
W.
Emerson Reck
Humas adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaan, penetuan pelayanan dan sikap yang
disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agar orang atau lembaga
itu memperoleh kepercayaan dan itikad baik dari mereka. Kedua,
pelaksanaan kebijaksanaaan, pelayanan dan sikap adalah untuk menjamin adanya
pengertian dan penghargaan yang sebaik-baiknya. (Public relations is the
continued process of keying policies, services and actions to be the best of
interest of those individual and groups whose confidence and goodwill an
individual or institutions covets and secondly, it’s the interpretation of
these policies, services and actions to assure complete understanding and
appreciation).
v
Public Relation World Conference
Humas adalah gabungan antara seni dan ilmu pengetahuan yang memperdiksi kecenderungan, memperkirakan konsekuensi,
memberi saran kepada pimpinan organisasi, dan melaksanakan rencana kegiatan
sebagaimana yang telah ditetapkan untuk melayani kepentingan publik dan
organisasinya.
v
Cutlip,
Center, dan Broom
Humas adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan dan
kegagalan organisasi tersebut.
v
The British Institute of Public Relation
Humas adalah suatu usaha berencana dan berkesinambungan
untuk membina serta memelihara itikad baik ataupun pengertian bersama antara
organisasi dengan masyarakatnya.
v
Frank
Jeffkins
Humas adalah sesuatu yang terdiri dari semua bentuk
komunikasi berencana baik ke dalam maupun ke luar antara organisasi dengan
publiknya untuk mencapai tujuan khusus, yakni pengertian bersama.
v
Jeffkins
& Daniel Yadin
Humas adalah sebuah sistem komunikasi untuk menciptakan niat baik. Public relations is a
system of communication to create goodwill).
v Public
Relations (PR) merupakan fungsi manajemen untuk mencapai target tertentu yang
sebelumnya harus mempunyai program kerja yang jelas dan rinci, mencari fakta,
merencanakan, mengkomunikasikan, hingga mengevaluasi hasil-hasil apa yang telah
dicapainya.
v
Hubungan
masyarakat, atau sering disingkat humas adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik
sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/
organisasi.
v
Menurut IPRA (International Public Relations Association)
Humas adalah fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan
melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik (public) untuk memperoleh
pengertian, simpati, dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada
hubungannya dengan penelitian opini public di antara mereka.
v Humas adalah sebuah proses yang
terus menerus dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh kemauan baik dan
pengertian dari pelanggan, pegawai, dan publik yang lebih luas. Dalam
pekerjaannya, seorang humas membuat analisis ke dalam dan perbaikan diri, serta
membuat pernyataan-pernyataan keluar.
v
Hubungan masyarakat (Humas) atau Public
Relations (PR) adalah sebuah seni berkomunikasi dengan publik untuk membangun
saling pengertian, menghindari kesalahpahaman dan mispersepsi, sekaligus
membangun citra positif lembaga.
v Humas
merupakan ujung tombak bagi sebuah organisasi dalam membangun hubungan
kelembagaan dan kemasyarakatan, untuk menumbuhkan pemahaman yang benar tentang
organisasi yang diwaklili dengan publik sasaran atau organisasi lain.
KESIMPULAN
Dari definisi di atas dapat saya
simpulkan bahwa hubungan masyarakat (HUMAS) merupakan sebuah organisasi yang
membangun hubungan kelembagaan dan kemasyarakatan untuk melaksanakan
program-program yang terencana. HUMAS juga merupakan proses pelayanan dan sikap
yang disesuaikan untuk kepentingan orang-orang atau lembaga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar